Berbagi Kebaikan Bersama SIGi Medan

10:56 AM


Hallo teman-temanku, selamat datang di Bulan Oktober. Btw, saat ini aku bakalan ngasih info menarik mengenai Celeblog kita bulan ini. Hiks, sebelumnya aku mau minta maaf, karena kesibukan satu dan lain hal, makanya blog ini rada terabaikan ( #memberi hormat ala Jepang).

Daaannnn,…

Celeblog kita di Bulan Oktober ini adalah SIGi Medan. Adakah yang sudah tahu mengenai SIGi Medan atau mungkin kamu anak SIGi ?  Baiklah bagi yang belum mengetahui mengenai komunitas satu ini kudu baca tulisan ini sampai habis.
Berbagi Kebaikan Bersama SIGi Medan
 Usai Bermain PermainanTradisional Bersama Adik-Adik Asuh Dian Bersinar Foundation (Pertemuan Pertama Anak Medan Mengukir Ceria), November 2013
Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) adalah sebuah gerakan independent atau bebas, tidak terikat oleh golongan dan organisasi mana pun. SIGi Medan sendiri terbentuk awal Bulan November 2011. Adinda Juwita Sari sebagai pencetus komunitas ini, mengatakan bahwa  awal terbentuknya SIGi Medan adalah saat dia berada di Bandung.

Saat itu Adinda menghadiri sebuah pertemuan dari sebuah komunitas. Di pertemuan itu Adinda and friends mendapatkan sebuah ide untuk membuat sebuah gerakan berbagi yang sederhana  dan berkesinambungan di Indonesia.  Akhirnya, ketika Adinda pulang ke Medan, dia punya cita-cita besar dalam mewujudkan ide berbaginya tersebut.  Naahh, saat itulah dia mulai mengajak beberapa orang teman di Medan buat ikutan gabung dalam gerakan ini.

Terbentuklah komunitas SIGi Medan yang bermula berbasis di fans page group Facebook. Beberapa anggota yang tergabung di group tersebut kemudian berhasil merealisasikan kegiatan mereka secara nyata dengan mengumpulkan orang-orang yang tergerak hatinya untuk berbagi.

Secara sah SIGi Medan terbentuk pada tanggal 26 Desember 2011 dengan mengajak adik-adik yatim dan anak-anak kurang mampu yang berada di lingkungan tempat tinggal dari masing-masing anggota SIGi Medan. Jadi, anggota SIGi Medan waktu itu mengajak satu atau lebih anak-anak yatim dan kurang mampu. Kegiatan yang dilakukan adalah nonton bareng film Hafalan Shalat Delisha. Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di beberapa kota di Indonesia. Wuishh, keren yah!

Berbagi Kebaikan Bersama SIGi Medan
Berkereasi Barang Bekas Bersama Adik-Adik Asuh Dian Bersianr Foundation (Pertemuan Kedua Anak Medan Mengukir Ceria), Januari 2014

Kamu bakalan mendapati SIGi, tidak hanya di Kota Medan tapi juga beberapa kota lain di Indonesia diantaranya Jabodetabek, Bandung, Makasar, Pekanbaru, Mamuju dan Surabaya. Kamu tahu Guys, ternyata SIGi Medan selalu menjaga komunikasi dengan SIGi di kota lainnya. Bahkan saling support ketika ada kegiatan berbagi.

Dengan visi, menjadikan SIGi sebagai sebuah gerakan berbagi berbasiskan jaringan pertemanan di seluruh Indonesia yang berkelanjutan. SIGi berharap akan banyak anak-anak/adik-adik kecil ataupun sahabat-sahabat yang kurang mampu di sekitar tempat tinggal kita yang akan menjadi adik asuh dari anak-anak SIGi Medan. SIGi Medan berusaha membantu sebisa mungkin, dan kesemuanya itu dimulai dari pendidikan.

Visi di atas adalah visi utama dari SIGi yang merupakan tujuan bersama. Berbagi mulai dari hal yang terdekat dan terkecil. Dimulai dari pendidikan, namun dengan cara dan metode pelaksanaan kegiatan yang dibebaskan kepada masing-masing daerah.

Berbagi Kebaikan Bersama SIGi Medan
Pembagian Mukena di Pengungsian Sinabung, Feb 2014 

Berbagi Kebaikan Bersama SIGi Medan
Penyerahan Bantuan Meja dan Donasi untuk Pembangunan Sekolah SDIT Al-Ikhlas Sunggal, 22 Juni 2014

Kegiatan SIGi Medan

Ø    * Receh Kahuripan
Ini adalah program utama SIGi. Menabung uang receh Rp 100-100.000,- di celengan SIGi Medan sambil mengajak sahabat-sahabat lainnya untuk ikut dalam program ini. Setiap akhir atau awal bulan akan dikumpulkan. Sasaran donasi dari program ini adalah membantu pendidikan anak Indonesia yang kurang mampu. Biasanya pengumpulan receh rutin dilaksanakan sebelum menentukan target penyaluran recehnya.

Ø    * Program Gelas Kosong
Program ini dilaksanakan ketika pengumpulan receh di celengan. Intinya setiap orang bisa saling berbagi tentang tiga hal postif yang bisa diambil hikmahnya:
o   Berbagi Quotes, inspirasi positif dan hikmah dari buku, film, lagu, training, pengalaman hidup dan lain-lain
o   Berbagi kesyukuran
o   Berbagi impian, harapan dan cita-cita

Ø      * AMMC-1 (Anak Medan Mengukir Cerita)
Yaitu berbagi ilmu anak-anak SIGi Medan dalam bentuk workshop seperti menulis, menggambar-melukis, fotografi dan sebagaimnya. Hal ini dilakukan untuk mengasah hobi anak-anak yang mungkin terlihat kurang berpotensi. Sampai saat ini workshop yang telah berjalan adalah workshop menulis pada SD Juara Rumah Zakat , workshop singkat kaligrafi dan kreatifitas barang bekas pada acara pesantren kilat SDIT Al-Ikhlas Sunggal.
Berbagi Kebaikan Bersama SIGi Medan
Anak Medan Mengukir Cerita (Part 1) di SD Juara Rumah Zakat, Juli 2012



Ø     * AMMC-2 (Anak Medan Mengukir Ceria)
Kegiatan bertujuan mengajaka anak-anak untuk saling berbagi tawa, senyum, kebahagiaan dan keceriaan. Masih dengan sasaran anak-anak yang kurang beruntung. SIGi Medan atau yang biasa disebut SIGier Medan ini menawarkan konsep sederhana, dengan berada pada satu lingkungan anak-anak kurang beruntung selama kurang – lebih tiga bulan. SIGier Medan akan mengajak anak-anak untuk bermain permainana tradisional, berkreatifitas lewat seni lipat kertas dari Jepang atau Origami, kain Flanel, menggambar, berdongeng atau nonton bareng.
Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan mengajak anak-anak asuh dari Dian Bersinar Foundation yang tinggal di pinggiran rel kereta api. Insha Allah kegiatan ini akan berkelanjutan dengan sasaran lainnya.

Ø     * AMMC-3 (Anak Medan Mengukir Cinta)
Program ini biasanya dilakukan untuk membantu korban dari bencana alam dan kepedulian terhadap pasien kurang mampu yang mengidap penyakit tertentu. Diantaranya SIGier Medan turut berkontribusi bencana gempa Aceh, penyerangan Mesir, Erupsi Gunung Sinabung dan membantu pembangunan sekolah SDIT Al-Ikhlas Sunggal

Kegitan-kegiatan tersebut rutin diadakan oleh SIGier Medan. Receh Kahuripan dan Gelas Kosong diadakan di minggu kedua setiap bulannya atau tentatif. Jika ada perubahan atau pertemuan mendadak maka akan disebar melalui sms/Wasap/ info grup Facebok.
Berbagi Kebaikan Bersama SIGi Medan
Menghibur Adik-Adik di Pengungsian Sinabung, Desember 2013


SIGier Medan berharap anggotanya tetap istiqomah dengan visi-misi yang kita usung. Semakin banyak orang-orang khususnya anak-anak muda yang mau bergabung dengan kita, mengumpulkan receh. Sesuatu hal yang sangat sepele tapi bisa bermanfaat untuk orang lain. Menjadikan saat-saat berkumpul dengan sahabat bermanfaat.

Nah, buat kamu-kamu yang punya passion serta visi sama dengan SIGi dalam berbagi manfaat dengan sesama boleh bergabung di komunitas yang satu ini. Tidak ada batasan umur, biaya, pendaftaran maupun formulir. Cukup datang saat ngumpul bulanan, kenalan, mencatatkan diri dan no kontak di notebook khusus SIGi. Terakhir ikut berkontribusi dengan kegiatan SIGi selanjutnya.

SIGi Medan
Fb: Sahabat Indonesia Berbagi
Twitter: @SIGiMedan atau @SIGI_news
Flickr: Flickr.om/photos/sahabat-indonesia-berbagi
Susunan Keanggotaan SIGi Medan
Koordinator Kota/Ketua    : Sari Sakinah Jaya
Sekretaris                           : Atmi Sri Dewi
Bendahara                         : Keke Rizky
Humas                               : Rani Ardila
Inventaris                           : Yudhi Octantyo


“Euumm.. Bangga dan bahagia ^_^  bisa berkenalan, bertemu dengan orang-orang hebat di komunitas ini. Orang-orang yang memiliki kebaikan hati dan ide-ide keren. Selain itu, sikap yang selalu membuat kita belajar bagaimana memahami sifat manusia. Tidak ada jarak di sini. Semua seperti sebuah keluarga, walaupun tersebar di berbagai kota. Yang pasti saya banyak belajar dari para sahabat di komunitas ini”


Kiss & Hug
@rin_mizsipoel



You Might Also Like

6 comments

  1. sepertinya seru juga berkumpul dengan anak-anak ini. bisa berbagi senyum dan kecerian buat mereka juga....

    BalasHapus
  2. Baru nemu dan di baca.makasih kakak cantik .

    BalasHapus
  3. Baru nemu dan di baca.makasih kakak cantik .

    BalasHapus